Jumat, 23 Juli 2010

Ilmuwan Iran Jadi Tokoh Film Terbaru

Ilmuwan Iran Jadi Tokoh Film Terbaru



Studio film di Iran berencana membuat film tentang ilmuwan Iran yang diculik oleh agen pemerintah Amerika Serikat.
Seperti dikutip dari CNN, perusahaan produksi Sima Film telah menggandeng kelompok sekolah film untuk menulis cerita mengenai Shahram Amiri. Namun, petinggi perusahaan film tersebut tidak menyebutkan soal kapan film ini akan beredar.

Amiri, ilmuwan Iran yang diculik AS, menjadi seorang pahlawan saat kembali ke Iran pada minggu lalu. Pihak resmi AS mengatakan bahwa Amiri telah menerima uang US$5 juta (Rp 45,5 miliar) atas informasi ‘berharga dan resmi’ dari program nukir Iran kepada pemerintah.

Amiri sebelumnya menaruh pesan video di internet saat ia berada di Amerika Serikat. Salah satunya mengatakan bahwa keberadaannya di AS untuk mengambil gelar Ph.D dan video lainnya mengungkapkan bahwa Amiri telah diculik, namun berhasil meloloskan diri.

Saat kembali ke Iran, Amiri yang merupakan peneliti dari Malek Ashtar University, Teheran, secara berulang kali mengatakan bahwa dirinya telah diculik.

"Saya diculik di Madinah, selanjutnya dipindahkan ke lokasi yang tidak dikenal di Arab Saudi,” ujar Amiri kepada Press TV. "Mereka menyuntikkan obat bius ke dalam tubuh Saya. Mereka membawa saya ke Amerika Serikat dengan pesawat militer.”

"Selama dua bulan keberadaan saya di sana, saya mengalami siksaan psikologis dan mental yang berat dari pihak penyelidik CIA,” ujar Amiri.

“Tidak hanya itu, mereka juga mengatakan bahwa jika saya tidak bekerja sama maka mereka akan menyerahkan saya kepada Israel untuk disembunyikan di penjara hingga tidak ada lagi jejak saya.” [mor]

source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post