Kamis, 22 Juli 2010

Waah ...Perbankan India Emoh Layani Kaum Muslim

Waah ...Perbankan India Emoh Layani Kaum Muslim

Perbankan India kena tudingan bersikap diskriminatif lantaran dianggap tak mau melayani minoritas Muslim di negeri itu. Mengutip catatan Komite Nasional untuk Minoritas India, PTI mewartakan hal itu pada Kamis (22/7/2010).


Komite itu sendiri, setidaknya dalam kurun waktu tahun ini, menerima kenaikan 100 persen pengaduan soal "penolakan" tersebut. Di Negara Bagian Andhar Pradesh, misalnya, 90.000 mahasiswa Muslim tak bisa membuka rekening untuk menyimpan beasiswa pemerintah yang mereka terima.

Berangkat dari kritik tersebut, beberapa bankir mengatakan, tindakan menolak pembukaan rekening bagi kelompok Muslim sama sekali tak didasari oleh latar belakang agama. Nyatanya, kata mereka, kelompok Muslim status ekonominya jauh di bawah rata-rata orang miskin di India.

Laporan-laporan resmi, tak cuma itu, sering menempatkan status sosial dan ekonomi Muslim di lapisan bawah, bahkan di bawah kasta terendah Hindu. Karena status ekonominya itu, kelompok Muslim juga sering ditolak oleh bank-bank swasta yang cenderung melayani konsumen orang kaya.

Sebelumnya sejumlah laporan menyebutkan, Muslim India kurang mendapatkan akses ke pendidikan yang berkualitas atau peluang pekerjaan.

Laporan baru ini akan menambah tekanan kepada pemerintah yang dipandang kurang memerhatikan kelompok minoritas terbesar di India.
Sumber Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post